pertumbuhan dan perkembangan pada manusia (02)  

Diketik oleh rizal

Tahapan perkembangan pada manusia dimulai dengan suatu proses pembentukan manusia dengan diawali pembuahan,
1.fertilisasi yaitu penyatuan sel inti sperma dengan sel telur.
2.inti sel sperma akan melebur dg inti sel telur dan terbentuklah sebuah sel baru yang disebut zigot,zigot akan membelah menjadi 2,4,8,16,32 sel,dst.

trimester 1
3.lama kelamaan zigot yang membelah menjadi banyak tadi akan berkembang menjdi embrio.kemudia menjadi janin dalam rahim ibu
4.Trimester 1,3 bulan pertama embrio akan berkembang mejadi menjadi janin dengan panjang 5,5cm,janin telah berbentuk seperti manusia,walaupun uuran kepala sangant besar.
5.Trimester ke dua,pada masa ini panjang janin kurang lebih 19cm,tangan dan kakinya telah berkembang,muka tumbuh memenjang,jantung juga sudah mulai bisa di deteksi,gerakkan janin mulai aktif.
6.Trimester ke tiga,pada tiga bulan ketiga terjadi pertumbuhan ukuran janin sangat cepat,ukuran tubuh sudah proporsional seperti bayi,karena ukuran tubuh membesar maka gerak tubuh bayi sudah tak leluasa.menjelang kelahiran panjang tubuh bayi adalah 50cm.setelah itu bayi akan lahir ke dunia.


bayi terlahir dengan menangis.
trimester ke dua
bayi yang sehat ketika lahir langsung menangis,apa bila tidak kita bisa memberikan rangsangan kepada si bayi dengan mengelus punggung,atau mencubit,atau juga bisa yang lain.
apabila tidak,wallahu alam.






untuk tahap bayi menjadi anak dan seterusnya dapat disambung ke posting berikutnya.
thanks a lot !










This entry was posted on 15.23 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar