pertumbuhan dan perkembangan pada manusia (03)  

Diketik oleh rizal

Masa balita dan anak - anak.

Setelah terakhir ke dunia bayi akan mengalami pertumbuhan yang melambat,saat bayi berumur satu tahun,beratnya menjadi 3x berat saat lahir.
perlu diingat,perkembangan yang penting terjadi pada masa neonatal (0-30 hari),(0-2 thn),(2-6th).
ketika bayi terlahir ke dunia,bayi memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari tubuh si bayi,namun seiring dengan berjalanya waktu ukuran kepalanya akan menyesuaikan dengan bagian tubuhnya.
pada masa bayi,perubahan-perubahan yang terjadi meliputi
1.berat tubuh
2.panjang tubuh
3.perkembangan gigi
4.lingkar kepala
5.dan kemampuan fisiknya.
hei teman apakah kalian tahu,bahwa masa balita merupakan puncak pertumbuhan bagi otak manusia,yakni sekitar 50% otak manusia berkembang pada tahun pertamanya,dan 20% pada tahun berikutnya,wau !
pada waktu;lahir volume otak bayi sekitar 350cc,dan saat usia 1 tahun mencapai 910cc (gila cepet banget ya !),akan tetapi saat usia 1-2 tahun otak kita mengalami penurunan,(ooooh),tapi pada waktu itu terjadi perkembangan gerak motoriknya,lalu gigi susu pun mulai berkembang.

lalu apakah teman mengetahui kalau pada saat usia 2-6th pertumbuhan fisik sang jabang bayi ini mulai menurun ,akan tetapi aktifitasnya bertambah.pada usia ini anak sangatlah aktif,mereka sengang dengan hal hal baru (duh bagi orang tua dan temen2 yang memiliki anak/adik yang masih berumur segitu jangan diajarkan yang tidak tidak ya).

thanx dah membaca artikel berikutnya adalah MASA REMAJA ATAU ADOLESENS (10-20),dengan judul Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia (04).
thanx ya !

This entry was posted on 18.46 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar